img_head
SEJARAH

Sejarah Pengadilan Negeri Suka Makmue

Pengadilan Negeri Suka Makmue, merupakan Pengadilan Negeri yang baru terbentuk masuk dalam wilayah Hukum Kabupaten Nagan Raya yang terdiri dari 10 (sepuluh) kecamatan dan terdiri dari 222 (dua ratus dua puluh dua) desa dengan luas wilayah 3.363,72 km2 dengan jumlah penduduk 167.672 jiwa. Kabupaten Nagan Raya adalah sebuah Kabupaten di Provinsi Aceh dengan ibu kotanya Suka Makmue. Kabupaten ini berdiri berdasarkan Undang-undang Nomor 4 Tahun 2002 tanggal 2 Juli 2002 sebagai hasil pemekaran Kabupaten Aceh

Pengadilan Negeri Suka Makmue secara yuridiksi masuk dalam wilayah hukum Pengadilan Tinggi Banda Aceh. Pengadilan Negeri Suka Makmue terbentuk melalui surat Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2016 tanggal 26 April 2016, dimana terbentuknya Pengadilan Negeri Suka Makmue didalam konsideran Keputusan Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2016 menyatakan dalam rangka pemerataan kesempatan memperoleh keadilan dan peningkatan pelayanan hukum kepada masyarakat demi tercapainya penyelesaian perkara dengan sederhana, cepat dan biaya ringan perlu membentuk Pengadilan Negeri Suka Makmue dan 84 pengadilan baru di seluruh Indonesia.

Berdirinya Pengadilan Negeri Suka Makmue diresmikan oleh Ketua Mahkamah Agung Prof. Dr. M. Hatta Ali, S.H., M.H bersama dengan peresmian pengoperasian 85 pengadilan baru di seluruh Indonesia bertempat di Melonguane Kabupaten Talaud, pada Senin 22 Oktober 2018. Ketua Mahkamah Agung Prof. Dr. M. Hatta Ali, S.H., M.H. mengatakan bahwa terbentuknya pengadilan baru tidak semata-mata ditujukan untuk berdirinya sebuah bangunan pengadilan di suatu daerah yang wilayah administratifnya mengalami pemekaran, namun yang lebih penting adalah bisa lebih mendekatkan akses keadilan kepada masyarakat dan para pencari keadilan yang domisilinya jauh dari lokasi pengadilan. Kendala geografis diwilayah-wilayah tertentu seringkali menyulitkan bagi para pencari keadilan untuk bisa datang langsung ke pengadilan, baik karena jarak antara pengadilan dengan tempat tinggal para pencari keadilan yang sangat jauh atau disebabkan karena kondisi alam yang sulit dilalui oleh alat transportasi, baik darat laut maupun udara, sehingga pada daerah - daerah tertentu untuk bisa sampai ke pengadilan memerlukan perjuangan yang sangat berat dan biaya yang cukup besar.

Pada saat pertama kali beroperasi Ketua Pengadilan Negeri Suka Makmue yang pertama Bapak Arizal Anwar,S.H. MH., dimana beliau telah dilantik oleh Yang Mulia Bapak Ketua Pengadilan Tinggi Banda Aceh yakni Bapak H. Djumali,S.H., pada tanggal 30 Oktober 2018 di Pengadilan Tinggi Banda Aceh. Sementara Wakil Ketua Pengadilan Negeri Suka Makmue dan Para Pejabat Kesekretariatan dan Kepaniteraan telah dilantik oleh Ketua Pengadilan Negeri Suka Makmue pada tanggal 31 Oktober 2018 di ruang sidang utama Pengadilan Negeri Suka Makmue dan rincian pelantikan Para Pejabat tersebut yaitu :

Rabu, 31 Oktober 2018 Rosnainah, S.H., M.H. Wakil Ketua
Rabu, 31 Oktober 2018 Said Muslim, S.Pd., S.H. Sekretaris
Rabu, 31 Oktober 2018 Muhammad, S.H. Panitera
Rabu, 31 Oktober 2018 Zulkhairi, S.H. Panitera Muda Perdata
Rabu, 31 Oktober 2018 RM. Ikhsan S.H. Panitera Muda Pidana
Rabu, 28 November 2018 Almusaddaq, S.H. Panitera Muda Hukum
Rabu, 31 Oktober 2018 Aditya, S.H. Kasub Umum dan Keuangan
Rabu, 31 Oktober 2018 Riza Mutya, S.H., M.H Kasub Kepegawaian, Organisasi dan Tata Laksana
Rabu, 31 Oktober 2018 Ismuha Aleanaldi, S.H. Kasub Perencanaan, Teknologi Informasi, dan Pelaporann
Rabu, 31 Oktober 2018 Alimuddin Jurusita

Diawal beroperasinya Hakim Pengadilan Negeri Suka Makmue hanya ada 1 (satu) orang yaitu Sdr. Edo Juniansyah, SH., dan Para Calon Hakim (Cakim) Berjumlah 9 (sembilan) orang antara lain: Sdr. Muhammad Yuslimu Rabbi, S.H, Adam Malik , S.H, Adrinaldi, S.H, Bambang Hadyanto, S.H, Feryanto, S.H, Zalyoes Yoga Permadika , S.H, Bagus Erlangga , S.H, Ike Ari Kusuma, S.H, Ahmad Fahrizal, S.H, Sedangkan staf yang ditempatkan di Pengadilan Negeri Suka Makmue adalah Sdr Armaja. Kemudian terdapat juga tenaga kontrak yang digaji melalui DIPA Pengadilan Negeri Suka Makmue. dan resmi menerima pelimpahan berkas perkara pidana, pengajuan gugatan dan permohonan pada hari itu juga setelah para pejabat dilantik oleh Yang Mulia Ketua Pengadilan Negeri Suka Makmue.